Saat ini bisa dikatakan hampir
seluruh wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Artinya jalanan
sering basah dan menimbulkan kotoran seperti lumpur. Membuat biker harus
lebih sering bersih-bersih motor.
Kegiatan bersih-bersih ini bukan hanya untuk gaya-gayaan atau fashion. Tapi, bisa juga untuk menghindari cilaka. Kok bisa?
Iya,
ternyata beberapa part di motor jika dibiarkan akan menjadi endapan
kotoran dan merusak kerja komponen. Salah satunya pada wilayah per dan
setelan kabel rem belakang. Khususnya pada motor yang masih menggunakan
rem teromol.
"Sebab jika ada kotoran yang menumpuk lama akan
menggangu kerja mekanisnya. Setelah tuas rem ditekan dan kemudian
dilepas, rem tetap mengunci," kata Feriandi, mantan mekanik Kymco yang
kini melayani servis untuk semua tipe motor matic.
Masalah ini
sudah ditemuinya pada Suzuki Spin yang roda belakangnya tiba-tiba
mengunci dan tidak bisa diputar sama sekali. "Bahkan saat didirikan
dengan standar tengah dan ban belakang diputar pakai tangan, tetap
mengunci. Tidak berputar," lanjutnya.
Setelah diperiksa ternyata
tidak ada yang salah dengan kabel rem. Kabelnya normal, alias tidak
putus. Kemudian Fery menemukan titik masalah sebenarnya, rem tidak bisa
balik karena tertahan lumpur yang telah membeku dan keras.
"Karena
itu bagian ini harus sering dibersihkan supaya kotoran itu tidak lama
menempel," tambahnya. Membersihkannya bisa juga dilakukan sendiri
dengan menggunakan sikat.
Ingat, fatal akibatnya kalau dalam perjalanan rem tiba-tiba ngunci seperti itu! Itu akibat kotor.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar